Lubang berlian terbesar di dunia

LUBANG BERLIAN TERBESAR DIDUNIA
Apakah lubang besar ini bekas jatuhnya asteroid pada zaman dulu? Atau, bekas mendaratnya pesawat alien? Ups bukan. Lubang ini lubang berlian terbesar didunia!

1. Kenapa disebut lubang berlian?

Lubang ini bekas pertambangan berlian. Dulu pernah menjadi tambang berlian terbesar didunia. Sekarang tambangnya sudah ditutup. Jadi tidak lagi menjadi tambang berlian terbesar didunia. Namun predikatnya menjadi lubang terbesar di dunia. Lubang berlian ini berada di Mirny, republic Sakha, Rusia. Diameternya 1250 meter. Dalamnya 525 meter.


2. Bagaimana membuat lubang sebesar itu?
Para penambang menggunakan mesin jet dinamit. Kalau sebuah dump truck naik dari bawah ke atas lubang itu memerlukan waktu 2 jam! Dump truck yang sangat besar pun terlihat seperti semut di lubang itu. Helicopter tidak boleh terbang di atasnya agar tidak tersedot kedalam lubang, karena anginya sangat kencang dari dalam lubang. Tambang ini pertama kali ditemukan oleh seorang ahli geologi bernama Yuri Kharbadin. Mulai dibuka menjadi pertambangan tahun 1957. Tambang minry adalah tambang pertama di Rusia. Sewaktu masih aktif, atambang minry menghasilkan 2 juta karat berlian setiap tahunnya. Setelah 50 tahun beroprasi, tambag minri ditutup pada 30 April 2004. Suhu dalam lubangnya sekitar -45C sampai -56C. Brrrrr..! dingin banget gan! Apalagi dimusim dingin para penambang menghadapi banyak masalah. Misalnya, ban-ban truk membeku sehingga pecah. Bahan bakar minyak membeku menjadi balok-balok padat. Peralatan dari besi menjadi rapuh sehingga gampang patah. Setelah musim dingin lapisan es mencair, sehingga tambang menjadi kolam lumpur!
Tambang minri menyimpan misteri। Tambang itu menghasilkan berlian dalam jumlah banyak terus menerus. Selain itu berlianya berukuran dan berbentuk sama. Samapi saat ini, misteri itu tidak terpecahkan. Kini lubang berlian minry menjadi salah satu hal yang menarik wisatawan saat berlibur ke kota minry, Rusia.

sumber

0 Response to "Lubang berlian terbesar di dunia"

Post a Comment